Indonesia adalah negara kepulauan, yang terdiri dari 5 pulau besar yang terpisah dengan air laut. Sejak 17 Agustus 1945, Indonesia menjadi negara kesatuan yang berdaulat dan merdeka. Perjuangan para pahlawan dalam melawan politik dan kekejaman para penjajah menjadi sejarah yang hingga saat ini tetap dikenang.

Tanpa adanya jasa dari para pahlawan proklamasi kemerdekaan Indonesia, mungkin Indonesia belum bebas dari penjajahan. Banyak negara asing yang menjajah negara kita, antaranya adalah, Inggris, Jepang, Portugis, Spanyol, Belanda, dan Perancis.

Sejarah Singkat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945

Negara yang paling lama menjajah Indonesia adalah negara Belanda, selama 340 Indonesia berada dibawah pemerintahan kolonial Belanda. Namun terakhir adalah negara Jepang, yang paling singkat, namun paling mengerikan menjajah Jepang. Bagaimana kisahnya? Baca selengkapnya dibawah ini!

Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, Peristiwa Penting Bagi Indonesia

17 Agustus 1945, adalah hari kemerdekaan negara Indonesia yang selalu diperingati setiap tahun. Negara yang terakhir menjajah Indonesia adalah Jepang, dimana saat itu Jepang gugur dan menyerah kepada Amerika & Britania Raya. Kesempatan ini diambil Soekarno dan para pejuang kemerdekaan untuk langsung menyatakan proklamasi kemerdekaan.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, kota Hiroshima di bom oleh Amerika Serikat. Hal ini menjadi penyebab turunnya moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia. Pada tanggal 7 Agustus 1945, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) berganti nama menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

9 Agustus 1945 para pejuang kemerdekaan yang terdiri dari Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat terbang ke Vietnam. Disana mereka melakukan pertemuan dengan Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima Besar Jepang mengatakan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada 24 Agustus 1945.

Artikel Lainnya: Fenomena Misterius Alam 2021

Sedangkan pada 10 Agustus 1945, golongan muda Indonesia mendengar kabar dari radio bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu. Mengetahui hal tersebut, golongan muda langsung menculik Soekarno agar segera menyusun dan menyiarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kemudian, tiba saatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno didampingi oleh Mohammad Hatta membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia di sebuah rumah hibah dari Faradj Martak di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat. Kemerdekaan Indonesia diakui seluruh dunia sejak 17 Agustus 1945.